Program Studi Sarjana Teknik Industri UNPAR Raih Akreditasi Internasional IABEE (Provisional)

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Sarjana Teknik Industri kembali membuktikan diri menjaga mutu dan pemenuhan standar pendidikan tinggi di bidang teknik dalam skala internasional. Tertanggal 10 Februari 2022, Prodi TI UNPAR meraih Akreditasi Internasional (Provisional) dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Dekan Fakultas Teknologi Industri Dr. Ir. Thedy Yogasara, ST., M.Eng.Sc., mengatakan bahwa menjaga mutu dan pemenuhan standar pendidikan terus dilakukan seiring dengan telah dijalankannya pembelajaran berbasis luaran atau Outcome Based Education (OBE) sejak tahun 2018. OBE merupakan salah satu syarat dalam memenuhi standar pendidikan teknik (engineering) pada tingkat internasional.

”Prodi Sarjana TI UNPAR terus berupaya meningkatkan kualitas proses pembelajarannya dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang telah ditetapkan pada dokumen kurikulum. Prodi TI UNPAR membuktikan mutu dan pemenuhan standar pendidikan di bidang teknik dalam skala internasional dengan diperolehnya Akreditasi Internasional (provisional) dari IABEE,” tuturnya, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (31/3/2022).

Dalam hal ini, lanjut dia, tim kerja yang diketuai Dr. Carles Sitompul, ST, MT, MIM telah bekerja keras mempersiapkan aplikasi akreditasi IABEE sejak awal tahun 2021. Asesmen lapangan (Live Online Visit) oleh asesor IABEE dilaksanakan dengan lancar pada 26 Oktober 2021. Sertifikat akreditasi IABEE untuk Prodi TI UNPAR dengan No. 00073.P, tertanggal 10 Februari 2022, diumumkan pada 30 Maret 2022.

Sebagaimana diketahui, IABEE tergabung dalam Washington Accord yang merupakan perjanjian multilateral di antara lembaga-lembaga akreditasi pendidikan tinggi teknik di dunia dan merupakan perjanjian yang paling diakui di dunia. Dengan demikian, terdapat saling pengakuan kualifikasi keteknikan di antara anggota-anggotanya sehingga Prodi TI UNPAR memperoleh rekognisi atas mutu pembelajarannya pada tingkat internasional. ”Pada gilirannya, hal ini dapat mendukung para lulusan Teknik Industri UNPAR untuk berkiprah dalam dunia profesi teknik industri secara global. Pencapaian ini akan terus ditingkatkan melalui pemutakhiran kurikulum dan menuju akreditasi penuh (General Accreditation) dari IABEE,” ujarnya. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

X