Pendahuluan
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan pelaksanaan survei berkala yang diselenggarakan oleh berbagai direktorat, kantor, dan unit di UNPAR. Inisiatif ini bertujuan untuk mencegah beban berlebih bagi responden akibat banyaknya survei dengan pertanyaan yang serupa. Berikut adalah daftar survei yang saat ini dikelola oleh LPM:
Responden | Nama Survei | PIC & Unit Terkait | Timeline |
---|---|---|---|
Eksternal | Mitra Kerja Sama; User Study; Brand Index | DUIKA (PIC), DPBIK; DPLN; DPSP | Mitra Kerja Sama dan User Study dibuka sepanjang tahun. Cut-off di 31 Desember, atau sesuai kebutuhan analisis. |
Alumni | Tracer Study | DUIKA (PIC), DPLN | Dibuka sepanjang tahun. Cut-off di 31 Desember, atau sesuai kebutuhan analisis. |
Calon Alumni | Exit Study | DPLN (PIC) | Dibuka dan wajib diisi setiap akan wisuda (syarat pendaftaran wisuda) |
Mahasiswa | Student Satisfaction; Angket Dosen | DPLN (PIC); DIA (PIC) | Student satisfaction 1x per tahun (pada masa perwalian semester ganjil); Angket dosen 2x per semester, di dalam Student Portal |
Mahasiswa Baru | Entry Study | DPLN (PIC) | Pada saat Inisiasi dan Adaptasi (diminta mengisi saat pengambilan atribut) |
Mahasiswa dan Pegawai | Layanan Unit | LPM (PIC) | Insidentil, setiap selesai menerima layanan |
Pegawai | Kepuasan Pegawai | DOSDI (PIC) | Sepanjang bulan November. Desember dianalisa. |
Internal & Eksternal | Layanan UIS | KSR (PIC) | Insidentil, setiap selesai menerima layanan |
Alur Kerja dan Jadwal
Alur Kerja Survei di 2025 adalah sebagai berikut:
- Koordinasi LPM dengan Unit
Dilaksanakan di tanggal 4 Maret 2025 dan dapat diselenggarakan kembali jika diperlukan. - Finalisasi Pertanyaan
Dilaksanakan di tanggal 4 s.d. 25 Maret 2025. Silakan melihat informasi “Penyesuaian Survei” di bawah untuk memberikan masukan terhadap survei yang ada. - Penyebaran Survei
Penyebaran link survei dilaksanakan oleh unit terkait, disesuaikan dengan jadwal masing-masing. Silakan klik link yang ada di atas untuk menuju ke masing-masing survei. - Pengolahan Hasil
Pengolahan Hasil Survei dilakukan sesuai dengan timeline survei masing-masing.
Layanan & Prosedur
Penyesuaian Survei
Bagi unit yang ingin menambahkan/menghapus/mengubah poin pertanyaan survei ataupun jenis survei itu sendiri, mohon terlebih dahulu melakukan review terhadap berbagai survei yang sudah dikoordinasikan di atas, serta pertanyaan-pertanyaannya pada tombol di bawah. Setelah itu, silakan mengirimkan e-mail ke lpmu@unpar.ac.id yang berisi informasi:
- Nama survei yang ingin diubah
- Pertanyaan yang diusulkan untuk ditambah/diubah/dihapus
LPM akan berdiskusi dengan direktorat/unit/kantor terkait perubahannya.
Permohonan Data Hasil Survei
Permohonan data hasil survei dapat dilakukan dengan mengirimkan e-mail ke lpmu@unpar.ac.id atau langsung mendatangi kantor LPM, dan menghubungi Sdr. Ronald Sebastian.
Untuk beberapa survei yang langsung ditangani oleh Lembaga Penjaminan Mutu, akses ke data mentah juga dapat diberikan, tersinkronisasi dengan platform survei nya. Data tersebut dalam bentuk Google Sheet dan karena alasan privasi hanya dapat diberikan kepada akun perorangan atas persetujuan direktur / kepala unit terkait. Silakan juga menghubungi Sdr. Ronald Sebastian terkait hal ini.
Penyebaran Survei
Penyebaran Survei dilakukan oleh direktorat terkait, dengan menyebarkan link yang disediakan untuk setiap survei, di atas. Mohon menyebarkan link dengan domain lpm.unpar.ac.id, bukan bit.ly, Survey Monkey, atau Google Form langsung, supaya:
- meyakinkan responden bahwa ini adalah survei resmi dari UNPAR,
- memberi fleksibilitas jika di masa depan platform yang digunakan berganti, dan
- mengurangi frekuensi munculnya iklan (seperti yang belakangan muncul pada bit.ly)
Koreksi Informasi
Jika Anda menemukan informasi yang tidak sesuai pada laman ini atau turunannya, mohon kirimkan e-mail ke lpmu@unpar.ac.id yang menjelaskan bagian mana yang ingin dikoreksi serta koreksinya.
Daftar Pertanyaan Survei
Klik tombol di bawah untuk melihat Daftar Pertanyaan Survei Terpusat LPM:
Hasil Survei
Survei Layanan Unit
Hasil survei layanan unit di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) per tahun disajikan secara langsung (live data) untuk memberikan informasi yang transparan, aktual, dan akuntabel kepada seluruh pemangku kepentingan. Data lengkap dan terkini dapat diakses melalui tombol di bawah ini:
Hasil Survei Lainnya
Hasil survei lainnya dapat dilihat pada laman survei masing-masing melalui tautan yang tercantum pada bagian pendahuluan di atas.