Audit Mutu Internal

Audit Mutu Internal (AMI) adalah kegiatan evaluasi penjaminan mutu yang dilakukan oleh LPM terhadap pelaksanaan Standar Mutu UNPAR. AMI dilaksanakan oleh para auditor internal di bawah tanggung jawab Kepala Lembaga Penjaminan Mutu. Secara umum, proses Audit Mutu Internal dilaksanakan dengan melalui tahapan-tahapan berikut:

  1. Auditee (program studi atau unit non-akademik) mengisi instrumen AMI yang sudah disediakan.
  2. Auditor yang telah tersertifikasi dan berjumlah 2 orang, memeriksa instrumen yang sudah diisi dan mengadakan pertemuan dengan auditee untuk memeriksa dan mengesahkan hasil audit, serta menyampaikan temuan dan praktik baik.
  3. Auditee melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen dan menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTM-RTL).

Sejak tahun 2024, kegiatan AMI untuk unit akademik dilaksanakan melalui sistem SIAMI, yang bisa diakses melalui alamat https://silpm.unpar.ac.id > SIAMI dari lingkungan wifi Unpar atau menggunakan VPN (https://vpn.unpar.ac.id).

Instrumen

Unit Akademik

Instrumen AMI untuk unit akademik berbeda-beda untuk setiap prodi, bergantung pada jenisnya:

  1. Program Doktor
  2. Program Magister
  3. Program Sarjana Kedokteran
  4. Program Sarjana lainnya
  5. Program Diploma 3

Namun demikian, secara umum pertanyaan terbagi menjadi 4 bagian:

  • Standar A: Pendidikan
  • Standar B: Penelitian
  • Standar C: Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Standar D: Khas UNPAR

Instrumen untuk masing-masing unit akademik dapat dilihat pada SIAMI dengan akun personal masing-masing kaprodi.

Unit Penunjang

Instrumen AMI untuk unit non-akademik berbeda-beda untuk setiap unit, bergantung pada unit yang diaudit.

Namun demikian, secara umum pertanyaan pada instrumen AMI terdiri dari dua bagian:

  1. Pertanyaan tertutup, yang wajib diisi oleh auditee disertai dokumen bukti tertulis.
  2. Pertanyaan terbuka (in-depth interview), yang diisi oleh auditor saat pelaksanaan audit, namun auditee wajib menyiapkan dokumen bukti tertulis sebagai pendukung.

Hasil AMI

Unit Akademik

Unit AkademikProgram Studi
Fakultas EkonomiSarjana Ekonomi Pembangunan
Sarjana Manajemen
Sarjana Akuntansi
Magister Manajemen
Doktor Ilmu Ekonomi
Fakultas HukumSarjana Hukum
Magister Hukum
Doktor Hukum
Fakultas Ilmu Sosial dan PolitikSarjana Administrasi Publik
Sarjana Administrasi Bisnis
Sarjana Hubungan Internasional
Magister Hubungan Internasional
Magister Administrasi Bisnis
Magister Ilmu Sosial
Fakultas TeknikSarjana Teknik Sipil
Sarjana Teknik Arsitektur
Magister Teknik Sipil
Magister Teknik Arsitektur
Doktor Teknik Sipil
Doktor Teknik Arsitektur
Program Profesi Insinyur
Fakultas FilsafatSarjana Filsafat
Magister Filsafat Keilahian
Sarjana Studi Humanitas
Fakultas Teknologi RekayasaSarjana Teknik Industri
Sarjana Teknik Kimia
Sarjana Teknik Elektro
Magister Teknik Industri
Magister Teknik Kimia
Fakultas SainsSarjana Matematika
Sarjana Fisika
Sarjana Teknik Informatika
Fakultas VokasiDiploma III Manajemen Perusahaan
Fakultas KedokteranSarjana Kedokteran
Program Profesi Dokter
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanSarjana Pendidikan Kimia
Sarjana Pendidikan Fisika
Sarjana Pendidikan Matematika
Sarjana Pendidikan Teknik Informatika & Komputer
Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris
Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Unit Penunjang

Direktorat AkademikKlik di sini.
Direktorat PemelajaranKlik di sini.
Direktorat KemahasiswaanKlik di sini.
Direktorat DigitalisasiKlik di sini.
Direktorat Manajemen Aset, Keuangan, dan Sarana PrasaranaKlik di sini.
Direktorat Organisasi dan Sumber Daya InsaniKlik di sini.
Direktorat Urusan Internasional, Kerja Sama, dan AlumniKlik di sini.
Direktorat Perencanaan Strategis dan PemasaranKlik di sini.
Direktorat Pengelolaan Bisnis, Inovasi dan KewirausahaanKlik di sini.
Lembaga Penjaminan MutuKlik di sini.
Lembaga Pengembangan HumanioraKlik di sini.
Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada MasyarakatKlik di sini.
Kantor Sekretariat RektoratKlik di sini.
Kantor Media DigitalKlik di sini.
Kantor LegalKlik di sini.
Unit PerpustakaanKlik di sini.

X