Audit Mutu Internal (AMI) adalah kegiatan evaluasi penjaminan mutu yang dilakukan oleh LPM terhadap pelaksanaan Standar Mutu UNPAR. AMI dilaksanakan oleh para auditor internal di bawah tanggung jawab Kepala Lembaga Penjaminan Mutu. Secara umum, proses Audit Mutu Internal dilaksanakan dengan melalui tahapan-tahapan berikut:
- Auditee (program studi atau unit non-akademik) mengisi instrumen AMI yang sudah disediakan.
- Auditor yang telah tersertifikasi dan berjumlah 2 orang, memeriksa instrumen yang sudah diisi dan mengadakan pertemuan dengan auditee untuk memeriksa dan mengesahkan hasil audit, serta menyampaikan temuan dan praktik baik.
- Auditee melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen dan menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTM-RTL).
Sejak tahun 2024, kegiatan AMI untuk unit akademik dilaksanakan melalui sistem SIAMI, yang bisa diakses melalui alamat https://silpm.unpar.ac.id > SIAMI dari lingkungan wifi Unpar atau menggunakan VPN (https://vpn.unpar.ac.id).
Instrumen
Unit Akademik
Instrumen AMI untuk unit akademik berbeda-beda untuk setiap prodi, bergantung pada jenisnya:
- Program Doktor
- Program Magister
- Program Sarjana Kedokteran
- Program Sarjana lainnya
- Program Diploma 3
Namun demikian, secara umum pertanyaan terbagi menjadi 4 bagian:
- Standar A: Pendidikan
- Standar B: Penelitian
- Standar C: Pengabdian Kepada Masyarakat
- Standar D: Khas UNPAR
Instrumen untuk masing-masing unit akademik dapat dilihat pada SIAMI dengan akun personal masing-masing kaprodi.
Unit Penunjang
Instrumen AMI untuk unit non-akademik berbeda-beda untuk setiap unit, bergantung pada unit yang diaudit.
Namun demikian, secara umum pertanyaan pada instrumen AMI terdiri dari dua bagian:
- Pertanyaan tertutup, yang wajib diisi oleh auditee disertai dokumen bukti tertulis.
- Pertanyaan terbuka (in-depth interview), yang diisi oleh auditor saat pelaksanaan audit, namun auditee wajib menyiapkan dokumen bukti tertulis sebagai pendukung.
Hasil AMI
Unit Akademik
Unit Penunjang
Direktorat Akademik | Klik di sini. |
Direktorat Pemelajaran | Klik di sini. |
Direktorat Kemahasiswaan | Klik di sini. |
Direktorat Digitalisasi | Klik di sini. |
Direktorat Manajemen Aset, Keuangan, dan Sarana Prasarana | Klik di sini. |
Direktorat Organisasi dan Sumber Daya Insani | Klik di sini. |
Direktorat Urusan Internasional, Kerja Sama, dan Alumni | Klik di sini. |
Direktorat Perencanaan Strategis dan Pemasaran | Klik di sini. |
Direktorat Pengelolaan Bisnis, Inovasi dan Kewirausahaan | Klik di sini. |
Lembaga Penjaminan Mutu | Klik di sini. |
Lembaga Pengembangan Humaniora | Klik di sini. |
Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat | Klik di sini. |
Kantor Sekretariat Rektorat | Klik di sini. |
Kantor Media Digital | Klik di sini. |
Kantor Legal | Klik di sini. |
Unit Perpustakaan | Klik di sini. |